"أهلا وسهلا مرحبا يا من أتيتم عندنا"
Home » » Alumni Darul Ihsan Go Internasional

Alumni Darul Ihsan Go Internasional

Written By Darul Ihsan on Rabu, 06 November 2013 | 05.14



Jakarta - Seorang penghafal Alquran (Hafiz) asal Aceh memukau masyarakat muslim di Samarkand, Uzbekistan. Muhammad Darwin Lukman diundang beberapa stasiun televisi di Uzbekistan untuk mengisi acara Ramadan.

Dua stasiun televisi yang mengundang Darwin adalah televisi Samarkand dan televisi Canli. Di stasiun televisi Samarkand, Darwin yang oleh masyarakat setempat dikenal Açeli Hafız Muhammed Davud Lokman mengisi program yang disebut 'Sahur Meclisi (Majelis Sahur). 

Sedangkan di stasiun televisi Canli, Darwin yang memiliki hafalan 30 juz Alquran dan suara merdu ini mengisi acara kesenian Islam bersama beberapa pemuda Samarkand. Darwin membawakan Qasidah dalam bahasa Arab dengan judul 'Ya Seyyidul Ahlak'. Pada penampilan keduanya di stasiun televisi yang sama, Darwin menjadi Qari dengan membacakan surah Al Baqarah ayat 183-185. Dan pada penampilan ketiga, Darwin membawakan Qasidah berjudul 'La İlahe İlallah'.

Darwin yang saat ini masih tercatat sebagai mahasiswa S1 pada Jurusan Syariah Islamiyah, Universitas Al Azhar, Kairo Mesir, merupakan alumni angkatan pertama Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee sejak dirintis kembali oleh cucunya H Waisul Qarany Ali. Darwin lahir di Gampong Lieue, Darussalam Aceh Besar, 16 Oktober 1986.

Penampilan Darwin di stasiun televisi Canli telah diunggah pihak Semerkand TvFan ke jejaring YouTube dengan keyword 'Ya Seyyidul Ahlak-(Açeli) Hafız Muhammed Davud Lokman, La İlahe İlallah dan Açeli Hafız Muhammed Davud Lokman.

Tidak hanya tampil di sejumlah stasiun televisi di Uzbekistan, Darwin juga kerap banjir undangan untuk menjadi imam salat tarawih di negeri tersebut. Pada bulan Ramadan kali ini, jadwal Darwin menjadi imam salat tarawih di negeri tempat wafatnya Imam Bukhari tersebut juga telah penuh. 

"Bukan hal mudah bisa tampil di depan publik yang mayoritas berbahasa Arab, namun kita bersyukur Darwin sudah berhasil menarik simpati orang Arab sehingga bisa tampil sukses di TV Canli," ujar ketua Yayasan Darul Ihsan, H Musannif dalam rilis yang diterima detikramadan, Kamis (11/7/2013). 

Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee menurut Musannif, memberikan apresiasi kepada Darwin yang berhasil menjadi orang kepercayaan muslim Samarkand Uzbekistan. Dia berharap akan ada lagi sejumlah alumni yang mengikuti jejak Darwin.

(rmd/sip) 

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerryAndroidiOS &Windows PhoneInstall sekarang!
Bagikan ke:

Posting Komentar

 
Website Resmi © Yayasan Teungku Haji Hasan Krueng Kalee Dayah Darul Ihsan – All Rights Reserved