"أهلا وسهلا مرحبا يا من أتيتم عندنا"
Home » , » Alumni Darul Ihsan raih perunggu Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi (OSN-PT) 2011

Alumni Darul Ihsan raih perunggu Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi (OSN-PT) 2011

Written By Darul Ihsan on Rabu, 20 November 2013 | 08.17


BANDA ACEH - Ade Agus Hidayat, Mahasiswa FMIPA Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) berhasil meraih emas pada Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi (OSN-PT) 2011. Prestasi ini cukup membanggakan, sebab sejak OSN-PT pertama kali digagas pada 2007, jawaranya selalu dikuasai peserta dari perguruan tinggi elite yang ada di Jawa, seperti UI, ITB, ITS, dan UGM.

Pada grand final yang berlangsung Kamis (3/11) pekan lalu, setiap peserta, termasuk Ade, diwajibkan mempresentasikan makalah ilmiah yang berkenaan dengan bidang ilmunya. Ade yang merupakan alumnus SMA Unggul, Tapaktuan, Aceh Selatan ini berhasil membuat tim juri berdecak kagum.

Ia mempresentasikan makalahnya yang berjudul “Pemanfaatan Tanaman Mimba Sebagai Pestisida Alternatif yang Ramah Lingkungan”. Mimba (Azadirachta indica A. Juss; Mileaceae), merupakan salah satu tumbuhan sumber bahan pestisida (pestisida nabati) yang dapat dimanfaatkan untuk pengendalian hama.

Sukses Ade tersebut sekaligus mengharumkan nama Aceh di ajang bergengsi yang digelar tiap tahun itu. Ade Agus Hidayat yang lahir di Medan 10 Agustus 1991 ini, merupakan anak dari pasangan Meurah Hayat (alm) dan Samidar. Ade berhasil mematahkan hegemoni tim-tim dari perguruan tinggi di Jawa yang saban tahun menguasai jawara OSN-PT. Prestasi yang diraih Ade menjadi kebanggaan tersendiri, sebab Ade satu-satunya peserta yang masih duduk di semester tiga sementara peserta lainnya rata-rata semestera tujuh.

Mahasiswa yang hobi main basket dan dengar musik ini, juga pernah menjuarai Olimpiade Sains tingkat Provinsi Aceh pada tahun 2008 bidang Kimia.

Dekan FMIPA Unsyiah, Dr Mustanir MSc yang juga Ketua Tim Pendamping OSN Unsyiah 2011 dalam siaran persnya kepada Serambi, Senin (7/11) mengatakan selain Ade, pada bidang Biologi M Ilham Fonna alumni Madrasah Aliyah Darul Ihsan juga berhasil meraih medali perunggu. Dengan prestasi ini, secara umum Unsyiah berada di peringkat ke-2 bersama UGM.

Keberhasilan Tim OSN-PT Unsyiah tahun 2011, menurut Mustanir merupakan peningkatan tajam dari prestasi tahun lalu. Tahun lalu, Unsyiah berhasil meraih 1 medali perunggu atas nama Nurul Wahyuni (FMIPA/Matematika) dan 1 honorable mention yang diraih Said Ali Akbar (FKIP/Kimia).

Pada OSN kali ini, Aceh mengirimkan 4 wakilnya yang merupakan hasil seleksi tingkat Regional I (Aceh dan Sumut). Seluruhnya adalah mahasiswa Unsyiah, yakni M Ilham Fonna (FMIPA/Biologi), Yusnidar (FMIPA/Fisika), Ade Agus Hidayat (FMIPA/Kimia)), Laiyina Ukhti (FKIP/Matematika). (ari)
Bagikan ke:

Posting Komentar

 
Website Resmi © Yayasan Teungku Haji Hasan Krueng Kalee Dayah Darul Ihsan – All Rights Reserved