"أهلا وسهلا مرحبا يا من أتيتم عندنا"
Home » , » Dayah Darul Ihsan Aceh Gelar Daurah Ramadhaniyah Selama 14 Hari

Dayah Darul Ihsan Aceh Gelar Daurah Ramadhaniyah Selama 14 Hari

Written By Darul Ihsan on Sabtu, 09 November 2013 | 08.16


Rabu, 17/07/2013 10:55 WIB
Sukma Indah Permana - detikRamadan
Jakarta - Banyak sekolah dan pesantren di Aceh yang meliburkan muridnya selama bulan Ramadan. Namun, Dayah Daruh Ihsan Abu Hasan Kreung Kalee, Genpong Siem, Darussalam, Aceh Besar mengadakan Daurah Ramadhaniah (Belajar selama Ramadan).

"Kegiatan tahunan ini digelar selama 14 hari mulai 13-26 Juli 2013. Mudir (pimpinan) Dayah Darul Ihsan, Ustaz Muhammad Faisal, Sag, Mag berharap agar semua pihak baik santri, wali santri, guru, penggurus, karyawan, dan masyarakat di sekitar pesantren dapat ikut aktif mendukung kegiatan ini. Dia juga berpesan kepada panitia Daurah agar kegiatan tahun ini lebih sukses dari tahun sebelumnya," ujar koordinator Durah Ramadhan, Ustaz Mustafa Husen Woyla, dalam keterangan tertulis yang dikirim ke detikramadan, Senin (15/7/2013).

Mustafa menjelaskan panitia pengarah, DR H Abizal Muhammad Lc MA mengintruksikan kepada Ustaz Mustafa Husen Woyla, selaku koodinator untuk membuat Kurikulum Daurah Ramadhan yang mencakup semua pemahaman mendasar yang harus diketahui dan mampu dikuasai oleh seorang muslim aqil baligh usia sekolah Tsanawiyah dan Aliyah.

Daurah Ramadan kali ini akan memberikan sejumlah materi dan praktek kepada santri. Materi yang diberikan antara lain Fiqh Puasa, Fiqh wanita, Fiqh Zakat, pemantapan bahasa Arab dan Inggris. Sedangkan praktek yang diberikan antara lain, Tahjiz Mayyit, prakter imam, pelatihan pubic speaking, manasik Haji dan latihan bilal tarawih.

Untuk memaksimalkan hasil yang ingin dicapai, penanggung jawab bagian bahasa dipercayakan kepada Ustaz H Muakhir Zakaria, SPd I, MA yang merupakan lulusan Jurusan bahasa & sastra Arab, Universitas Dual Arabiyah Kairo-Mesir dan Rahmat Mulia, Lc yakni Alumni Universtas Oman.

Dalam rangka mengisi kegiatan di dalam Daurah, santri tidak hanya hanya belajar formal, akan tetapi ada juga pelatihan menulis puisi dan cerpen.

"Bekerjasama dengan Forum Lingkar Pena Aceh (FLP) dan Latihan menulis artikel ilmiah bekerjasama dengan Ikatan Penulis Santri Aceh (IPSA). Direncanakan juga ada training motivasi Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Modern serta juga ada bazar buku islami yang bekerjasama dengan Bandar Buku Banda Aceh," lanjutnya.

Mustafa menyampaikan Pimpinan yayasan Abu Hasan Kreung Kalee, H Musannif, SE sangat optimis dengan adanya tenaga pengajar yang profesional, program Daurah Ramadan tahun ini berhasil dengan maksimal. Menurutnya, sekalipun membutuhkan biaya yang tidak sedikit, pihak yayasan akan bertanggung jawab penuh tentang kelangsungan belajar selama Ramadan ini.

"Mengingat mendidik generasi yang mumpuni dalam hal duniawi dan ukhrawi adalah tanggung jawab besar sudah menjadi hal wajar membutuhkan dana yang besar pula," kata MUsannif.


Jika anda memiliki informasi menarik ataupun kegiatan seputar pesantren yang dapat dibagi dengan kami dan pembaca lainnya, silakan kirim ke ramdhan@detik.com. Jangan lupa sertakan foto dan nomor kontak.
( sip / rmd ) 
Bagikan ke:

Posting Komentar

 
Website Resmi © Yayasan Teungku Haji Hasan Krueng Kalee Dayah Darul Ihsan – All Rights Reserved