"أهلا وسهلا مرحبا يا من أتيتم عندنا"
Home » » Melalui Jum’at Bersih Santri Darul Ihsan Ditanamkan Nilai Hidup Bergotong Royong

Melalui Jum’at Bersih Santri Darul Ihsan Ditanamkan Nilai Hidup Bergotong Royong

Written By Darul Ihsan on Kamis, 14 Agustus 2014 | 20.47


Kegiatan Santri Darul Ihsan membersihkan perkarangan dayah bersama guru dan pengurus dayah. Melalui kegiatan Jum'at bersih diharapkan santri kelak akan ada prinsip hidup bergotong royong dalam bekerja dan bermasyarakat kelak. Tidak individulis dan eklusif tapi mampu bergaul dengan berbagai kalangan.

Semangat gotong royong adalah warisan budaya Indonesia yang mesti dilestarikan yang sudah mulai terkikis, sebagain sekolah atau lembaga pendidikan tertentu sekarang tidak mewajibkan santrinya untuk gotong royong karena sudah menjadi tugas dan tanggung jawab cleaning servise.



Nilai-nilai pendidikan yang ditanam disini melalui gotong royong adalah dengan cara memberikan pemahaman langsung melalui praktek  manfaat gotong royong. Antara lain: Pekerjaan yang berat menjadi ringan, pekerjaan akan cepat selesai, menjalin kerukunan hidup bermasyarakat dan mempererat rasa persaudaraan.

Sekilas masalah pentingnya penanaman nilai gotong royong sering disepelekan namun ketika gotong royong membersihkan tempat ibadah, fasilitas gampong, kenduri kematian, peresmian pernikahan atau hajatan. semua harus diberi upah, itu baru terasa nilai gotong royong sangat penting ditanamkan sejak dini pada generasi(*)


Bagikan ke:

Posting Komentar

 
Website Resmi © Yayasan Teungku Haji Hasan Krueng Kalee Dayah Darul Ihsan – All Rights Reserved