"أهلا وسهلا مرحبا يا من أتيتم عندنا"
Home » » Abu Muaz Mesir ajarkan santri matan manzhumah baiquniyyah

Abu Muaz Mesir ajarkan santri matan manzhumah baiquniyyah

Written By Darul Ihsan on Minggu, 24 Mei 2015 | 04.02

Abu Muaz Muhammad Uwenah Mesir (Guru Besar Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee) sedang mengajarkan santri matan al manzhumah al baiquniyyah matan kitab ilmu mushthalahul hadist


Ilmu Mushthalah Hadis, Ushul Hadis, atau Kaidah-kaidah Hadis adalah Kaidah-kaidah yang dengannya dapat diketahui kondisi-kondisi para perawi (sanad) dan riwayat (matn); dari sisi diterima atau ditolaknya.
Objek pembahasan Sanad dan Matan; dari sisi diterima dan ditolaknya. Faidah mempelajarinya santri diharapkan mampu membedakan hadis yang shahih (hujjah) dari yang dhaif (bukan hujjah).
Keutamaan mempelajarinya Imam Nawawi berkata, “Ilmu hadis adalah diantara ilmu yang paling utama, yang mendekatkan kepada Rabb semesta alam. Bagaimana tidak, ia adalah penjelasan atas jalan sebaik-baik makhluk, yang dahulu dan yang terakhir.

Nama nadzm Al-Madzumah al-Baiquniyyah al-Dimasyqy.  Pengarang Umar bin Ahmad bin Fatuh Al-Baiquny
Penulis (al-Baiquny) berkata:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم

أَبْدَأُ بِالحَمْدِ مُصَلِّيًا عَلَى          مُحَمَّدٍ خَيْرِ نَبِيٍّ أُرْسِلاَ

Aku Memulai dengan al-hamd (pujian kepada Allah), seraya bershalawat atas
Muhammmad, sebaik-baik nabi yang diutus.

Penulis (al-Baiquni) memulai nadzmnya dengan al-hamdAl-hamd adalah pensifatan al-mahmud (yang dipuji) dengan sifat yang sempurna, seraya mencintai dan mengagungkannya. Adapun pensifatan dengan sifat yang sempurna tanpa cinta dan pengagungan; karena takut misalnya, disebut al-madh, bukan al-hamd.

Kemudian bershalawat kepada Muhammad. Shalat atau shalawat secara bahasa adalah doa. Adapun sholawat Allah atas Rasul, maknanya adalah, sebagaimana yang dikatakan oleh Abul ‘Aliyah, bahwa shalawat Allah kepada Nabi-Nya adalah pujian Allah kepadanya dihadapan penduduk langit. Shalawat hamba kepada Nabi berarti doa (permohonan) agar Allah memujinya di hadapan penduduk langit.

Muhammad adalah nama Nabi dan Rasul terakhir. Al-Baiquni mensifatinya dengan sebaik-baik nabi yang diutus. Hal ini sesuai sabda Rasulullah, “Aku adalah tuan (sayyid) seluruh manusia pada hari kiamat.

وَذِيْ مِنَ اقْسَامِ الحَدِيْثِ عِدَّةْ          وَكُلُّ وَاحِدٍ أَتَى وَحَدَّهْ


Berikut link youtubenya:


Admin: Mustafa Woyla




Bagikan ke:

Posting Komentar

 
Website Resmi © Yayasan Teungku Haji Hasan Krueng Kalee Dayah Darul Ihsan – All Rights Reserved